FileSystem Hierarchy Standard




File Hierarchy Standard adalah bagaimana drive , folder , dan file ditampilkan pada sistem operasi . Dalam sistem file hirarki, drive, folder, dan file ditampilkan dalam kelompok, yang memungkinkan pengguna untuk melihat hanya file mereka tertarik melihat. Misalnya, pada gambar direktori Windows (Windows \) folder hirarki yang berisi System32 folder, Tugas, dan Web. Masing-masing folder bisa memiliki ratusan file mereka sendiri, tetapi jika mereka membuka file-file tersebut tidak ditampilkan.
Dalam GUI sistem operasi seperti Microsoft Windows , pengguna memperluas drive atau folder untuk melihat isinya dengan mengklik dua kali ikon, atau dengan mengklik + kecil di sebelah kiri drive atau direktori. Setelah file atau program yang ditemukan mereka dapat mengklik dua kali ikon untuk membuka file atau menjalankan program.
Dalam sistem operasi GUI non, seperti MS-DOS atau baris perintah Windows , drive dan direktori terdaftar sebagai teks . Misalnya, jika Anda berada di C: drive dan di direktori spool Windows, MS-DOS jalan mungkin terlihat seperti contoh di bawah.

Dibawah ini merupakan beberapa direktori menurut standard FHS :
  1. /bin : Perintah paling executable untuk semua pengguna (misal: cat, ls, cp) terutama file yang dibutuhkan untuk boot atau menyelamatkan sistem.
  2.  /boot  Boot loader, kernel, dan initrd files.Berisi program dan data yang dibutuhkan pada saat melakukan proses Booting (menjalankan) system.
  3.  /dev : Direktori tempat file device
  4.  /etc : Berisi file konfigurasi system.
  5.  /home : Direktori tempat menyimpan data User. Setiap User yang terdaftar secara otomatis akan dibuatkan direktory /home.
  6.  /lib :  Library untuk binari /bin/ dan /sbin/ (library yang dibutuhkan untuk boot atau menyelamatkan sistem). Berisi file-file library dari aplikasi yang ada di system. kadangkala satu file library digunakan oleh beberapa aplikasi secara bersama-sama.
  7.  /media : Saat anda memasang Flashdisk ke komputer anda, anda bisa menemukan direktori Flashdisk di /media , karena direktori ini akan berisi media yang bisa. dibongkar pasang di komputer anda. seperti cdrom, flopy disk, Flashdisk, Hardisk external , dsb.
  8.  /opt : perangkat lunak aplikasi yang berbasis add-on 
  9.  /proc : Filesystem untuk menjalankan proses
  10.  /root : Direktori home untuk user root. Direktori ini membawahi semua direktori penting lainnya. Sehingga penulisan direktori lainnya selalu menggunakan tanda slash ( / ) di depannya, yang menunjukkan kalu direktori tersebut dibawah Root.
  11. /sbin : Sistem administrasi binari (misal: init, route, ifup). Biasanya aplikasi yang ada hanya bisa dijalankan oleh administrator atau root.
  12. /tmp : Tempat menyimpan file sementara
  13. /usr : Berisi program-program yang bisa di akses oleh user, program source code. Di dalam direktori ini ada subdirektori /usr/bin dan /usr/sbin yang menyimpan aplikasi executable yang fungsinya sama dengan file-file di direktori /bin dan /sbin.
  14. /var  : variable data seperti log, database, website dll. 
  15. /mnt : direktori tempat pengaitan sistem sementara.  


Sekian postingan dari saya. Wassalamu'alaikum

0 komentar:

Posting Komentar

 
Flag Counter

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author