The Wireless


Assalamu'alaikum. Haiii kali ini saya membuat postingan tentang wireless.

Wireless
Wireless adalah teknologi tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik dalam penggunaannya sebagai pengganti kabel. Pada dasarnya wireless dan LAN sama-sama jaringan komputer, yang membedakannya adalah media penghubung yang digunakan, jika LAN masih menggunakan kabel untuk menghubungkan, beda halnya dengan wireless yang menggunakan gelombang elektromagnetik. Beberapa contoh perangkat yang menggunakan wireless : telepon selular, GPRS untuk navigasi, wireless LAN.

WiFi
WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity, yang memiliki standar IEEE 802.11, yaitu teknologi wireless yang memiliki kemampuan sebagai penyedia akses internet. WiFi bukan hanya digunakan sebagai penyedia akses internet, wifi juga dapat digunakan untuk membuat sebuah jaringan tanpa kabel di kantor-kantor atau dirumah.

IEEE 802.11
IEEE 802.11 salah satu bidang kerja yang mengurusi wireless LAN(WLAN) & Mesh(WiFi certification). IEEE 802.11 merupakan standar kerja yang digunakan dalam jaringan wireless. 802.11 merupakan sebuah kode yang menyatakan data rate pada sebuah wifi. Data rate adalah tingkat kemampuan untuk mengirimkan data melalui sebuah jaringan komunikasi. Beberapa kode data rate :
-   IEEE 802.11b maka data ratenya adalah 11 Mbps
-   IEEE 802.11g maka data ratenya adalah 54 Mbps
-   IEEE 802.11a maka data ratenya adalah 54 Mbps
-   IEEE 802.11n maka data ratenya adalah lebih dari 100 Mbps sampai 500 Mbps
-   IEEE 802.11ac maka dara ratenya adalah mencapai 1300 Mbps atau 1,3 Gbps

IEEE
IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah sebuah organisasi yang mengurusi masalah tentang pengembangan teknologi yang berhubungan dengan elektronika. IEEE beranggotakan para ahli dibidang teknik yang menawarkan berbagai pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi baru dalam semua aspek. IEEE menangani berbagai macam standar, diantaranya standarisasi peralatan yang dipakai untuk jaringan.

Pengaruh perkembangan teknologi terhadap kehidupan manusia
Teknologi berpengaruh besar dalam kehidupan manusia. Wireless berpengaruh besar dikehidupan manusia. Jika tidak ada wireless semua manusia tidak dapat menggunakan telepon selular dengan bebas tanpa terlilit oleh kabel. Dengan adanya wireless manusia lebih mudah menerima informasi dimanapun dia berada. Wireless juga bisa mendekatkan yang jauh, tetapi tidak menutup kemungkinan wireless juga dapat menjauhkan yang dekat. Wireless dapat menjauhkan yang dekat karena seseorang itu terlalu asik dengan dunianya sendiri. Dan wireless dapat membuat orang lupa waktu. 

Sekian postingan dari saya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Wassalamu'alaikum. 

Sumber :
https://exsamgrade.wordpress.com/2012/02/04/pengertian-wireless/ 

https://pengertianjaringankomputer.wordpress.com/2011/11/27/pengertian-jaringan-komputer-wifi-adalah/ 
http://anangfathoni.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-dan-makna-wifi-80211-abgnac.html 
http://feezy1al.blogspot.co.id/2013/12/apa-itu-ieee.html 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Flag Counter

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author